"18 Again" mengisahkan Jung Da Jung (Kim Ha Neul) menikah dengan Hong Dae Young (Yoon Sang Hyun), mereka memiliki putra putri kembar saat usia keduanya masih 18 tahun dan masih sekolah. Mereka terpaksa bersikap dewasa lebih awal karena merawat anaknya dan membangun rumah tangga dengan hidup terpisah dengan orang tua masing-masing. Kehidupan sulit harus mereka jalani, apalagi dalam hal perekoniam dan mengesampingkan mimpi demi anaknya. Hingga suatu saat mereka dilanda masalah dan memutuskan untuk bercerai, dan secara ajaib Hong Dae Young kembali berusia 18 tahun yang diperankan Lee Do Hyun dan kembali bersekolah di sekolah yang sama dengan kedua anaknya. Sebagai teman dan mengetahui keseharian kedua anaknya, membuat Dae Hyun sadar jika dia belum benar-benar baik untuk menjadi ayah dan ingin memperbaikinya. Awalanya ia ingin meraih kembali mimpinya sebagai pemain basket. Drama yang bercerita tentang beratnya perjuangan dan kasih sayang orang tua yang senantiasa diberikan kepada anaknya ini membuat sadar bahwa orang tua akan memberikan kasih sayang kepada anak dengan caranya sendiri, bahkan menjadi seperti teman seumurannya. Inilah alasan kenapa harus menonton "18 Again",

Sumber: Wikipedia

 

1. Bergenre romcom dan fantasi

Berawal dari bertransformasinya Dae Young 37 tahun menjadi 18 tahun dengan wajah muda dan tampannya. Menjadi komedi ketika ia bertemu dengan anaknya dengan sikap di luar ekspektasinya, sering menggertak beberapa kali terutama masalah keluaraganya tapi justru menjadi lucu dan aneh bagi orang sekitarnya karena masih anak SMA. Walaupun bercerai, Dae Young tetap mencintai Da Jung dan berusaha mengutuhkan kembali keluarganya.

2. Kombinasi 2 pemain dalam 1 peran

Dae Young dewasa diperankan oleh Yoon Sang Hyun, sedangkan Dae Young remaja diperankan oleh Lee Do Hyun. Kombinasi. Dae Young muda hidup sebagai Ko Woo Young dan bersekolah kembali untuk mengetahui dan menjadi teman yang dibutuhkan anaknya. Baik Dae Young remaja ataupun dewasa memiliki sikap yang sama. Kombinasi akting dan peran keduanya membawa kesan tersendiri bagi penonton.

3. Makna mendalam yang disajikan tentang orang tua

Hong Dae Young dan istrinya akan melakukan apapun demi anaknya, Hong Si Ah dan Hong Si Woo. Orang tua memiliki jasa dan pengorbanan sangat besar dan terus menerus, bahkan ketika anaknya telah tumbuh menjadi remaja mandiri bahkan dewasa. Perjuangan mereka membesarkan keduanya penuh dengan kesulitan, karena secara ekonomi mereka belum sanggup sehingga harus melakukan pekerjaan yang tidak mudah.

4. Posisi keluarga yang bisa lebih penting daripada mimpi dan bisa berkarier dengan tetap peduli terhadap keluarga

Hong Dae Young remaja saat mengetahui pacarnya (Da Jung) hamil, walaupun sedang dalam masa terpenting untuk meraih mimpi, ia tetap memilih untuk bertanggung jawab menikahinya. Mimpi keduanya harus rela dilupakan sesaat karena harus membesarkan dan merawat anak serta memenuhi kebutuhan rumah tangga. Seberapa berat pekerjaan jika dilakukan demi keluarga, maka lelah akan terasa terbayar. Ketika si kembar sudah beranjak remaja dan bisa mengurus dirinya sendiri, Da Jung kembali berjuang meraih mimpinya sebagai pembawa berita, sedangkan Dae Young yang kembali muda juga ingin kembali meraih mimpinya sebagai atlet pemain basket.

5. Kehidupan menjadi orang tua muda dan dewasa lebih awal

Dae Young dan Da Jung menjadi orang tua di usia yang masih sangat muda, bahkan belum lulus SMA. Namun keduanya tidak lepas tangan dan terpaksa menjadi dan bersikap dewasa demi anaknya. Melakukan pekerjaan dan mengurus anak mereka lakukan dengan membagi tugas rumah tangga terutama tentang anak. Banyak kesulitan yang mereka dijalani bersama.

 

Bagaimanapun kisah tentang drama ini, selalu berakhir dengan kasih sayang orang tua. Memang orang tualah yang paling berjasa dan sebagai memberi kasih sayang. Drama happy ending ini membawa nilai keluarga, persahabatan, dan perjuangan yang dikemas dengan tawa, air mata, serta rasa kagum dan terima kasih.