Baru-baru ini grup naungan Jellyfish Entertainment, Gugudan, secara resmi mengumumkan pembubarannya pada tanggal 31 Desember 2020.

Pihak agensi tidak mengungkapkan lebih detail alasan pembubaran grup yang debut pada 28 Juni 2016 tersebut.

Selain Gugudan, sejumlah grup kpop ini diprediksi akan disband dengan berbagai alasan. 

1. IZ*ONE 

Debut tahun 2018, grup ini dibentuk lewat program "Produce 48". Seperti grup-grup bentukan ajang survival Produce 101, masa produktif IZ*ONE sudah ditentukan.

Kontrak mereka sebagai grup hanya berumur dua tahun. Setelah itu para member kembali ke agensi masing-masing.

Sementara anggota asal Jepang akan kembali pada grup awal mereka. Menurut jadwal, mereka akan dibubarkan pada April 2021.

2. WINNER 

Debut Agustus 2014, kontrak kerja WINNER dengan YG Entertainment harus diperbarui pada Agustus 2021.

Salah satu anggota, Taehyun sudah keluar dengan alasan kesehatan. Selain itu penggemar merasa YG Entertainment sebagai agensi telah berlaku tidak adil pada WINNER.

Ketika tampil dalam sebuah acara televisi, Hoony pernah menganjurkan kepada yang ingin terjun ke dunia hiburan untuk tidak bergabung dengan YG Entertainment.

Hal-hal itulah yang menimbulkan kekhawatiran WINNER akan bubar.

3. RED VELVET 

SM Entertainment akan mengumumkan apakah grup yang debut tahun 2014 ini akan tetap di bergabung atau tidak pada Agustus 2021.

Tahun ini, Red Velvet menghadapi masalah akibat kontroversi perilaku buruk leader mereka, Irene.

Skandal itu cukup mengguncang Red Velvet hingga membuat grup tersebut membatalkan sejumlah kegiatan.

Meski demikian SM Entertainment tidak pernah membubarkan sebuah grup, tetapi menempatkan mereka pada rehat tanpa batas, dengan beberapa anggota dipromosikan sebagai solois atau unit.

4. GOT7

Debut Januari 2014, grup asuhan JYP Entertainment ini juga membuat penggemar berdebar menanti pengumuman resmi mereka dalam waktu dekat.

Terlebih belum lama ini ada kabar yang menyebut Jinyoung bertemu dengan agensi BH Entertainment untuk menandatangani kontrak eksklusif.

Selain itu, penggemar juga telah berbicara dalam banyak kesempatan tentang perlakuan tidak adil dari agensi, yang bisa menjadi alasan lain mengapa grup tersebut mungkin bisa bubar.

Namun, grup itu sendiri telah menyatakan bahwa ketujuh anggota semuanya ingin tetap menjadi GOT7, dengan ketujuh anggota.

5. SONAMOO 

Di bawah agensi TS Entertainment, SONAMOO yang debut Desember 2014 akan mengakhiri masa kontrak pada Desember 2021.

Dua mantan anggota mereka Nahyun dan Sumi, sudah menggugat perusahaan untuk mengakhiri kontrak.

Selain karena kurangnya popularitas mereka di Korea Selatan dan internasional, kemungkinan besar mereka akan bubar pada tahun 2021.

6. LOVELYZ 

Kontrak mereka dengan agensi harus diperbarui pada November 2021, setelah debut November 2014.

Grup ini selalu mempertahankan popularitas di Korea Selatan dan perlahan tetapi pasti menumbuhkan fanbase yang kuat di Barat.

Namun, beberapa orang berspekulasi bahwa Lovelyz bisa bubar, atau beberapa anggota mungkin memilih untuk meninggalkan grup dan Woollim Entertainment pada tahun 2021.

7. MAMAMOO 

Masing-masing anggota sukses sebagai solois. Dulu, Solar dan Moonbyul sempat bicara tentang pembaruan kontrak mereka, dan berkata tidak yakin apa yang terjadi di masa depan.

Karena hal itu, penggemar khawatir grup yang debut tahun 2014 itu akan mempertimbangkan untuk bubar. Beberapa berpikir mereka akan memilih fokus pada karier solo. 

8. LABOUM 

Aktif selama lebih dari enam tahun, mereka mengalami kesulitan dalam menjaga fanbase baik di domestik ataupun internasional. Ditambah lagi, Yulhee memutuskan meninggalkan grup tahun 2017.

Karena kurangnya popularitas diantara masyarakat umum, tampaknya grup ini juga akan dibubarkan tahun 2021.

9. BERRY GOOD 

Berry Good debut pada Mei 2014 dan kontrak mereka berakhir pada Mei 2021. Penggemar masih menantikan informasi kelanjutan nasib grup tersebut.

Grup ini telah mengganti beberapa anggota selama beberapa tahun, dengan lima mantan anggota dan saat ini tinggal empat tersisa.

Dengan sejumlah anggota yang pergi dan kurangnya popularitas, ada kekhawatiran Berry Good akan bubar.