Liu Yangyang atau Yangyang (nama panggung), lahir di Taiwan pada tanggal 10 Oktober 2000 (umur 20). Saat menginjak usia 11 tahun, pria berdarah Taiwan ini kemudian pindah dan menetap di salah satu negara di benua Eropa, yaitu Jerman. 

Yangyang bergabung dengan SM Entertainment melalui Global Audition yang diselenggarakan di China. Ia diperkenalkan sebagai salah satu anggota SM Rookies pada tahun 2018. Bersama dengan Ten, Hendery, Kun, Xiaojun, Lucas, dan Winwin, ia masuk dalam grup unit NCT yang bernama WayV. Grup WayV debut pada 2019 dan fokus berkarir di Tiongkok, dibawah naungan Label V.

Kesuksesan Yangyang sebagai Idol K-Pop tak pernah terbayangkan sebelumnya. Ia tak pernah berfikir untuk menjadi penyanyi, apalagi menjadi idola di industri K-Pop. Pada saat melakukan siaran langsung melalui instagram pribadinya, Yangyang menceritakan bagaimana akhirnya ia tertarik untuk mengikuti audisi menyanyi.

Kisahnya dimulai dari sebuah kecelakaan yang di alami saat ia masih duduk di bangku sekolah. Yangyang mengikuti sebuah pertandingan basket. Namun ia terluka cukup parah, lengannya terkilir dan ototnya robek. Hal ini membuatnya harus menjalani operasi. Ketika menjalani operasi, Dokter menyatakan bahwa Yangyang mengalami koma. Disaat koma, Yangyang bermimpi ia tampil diatas panggung yang bahkan tidak tahu koreografi dan lagu apa yang saat itu ditampilkannya.

Saat terbangun, ia terus menerus memikirkan mimpi tersebut selama berminggu-minggu. Setelah pulih ia tak sengaja melihat iklan online Global Audition yang diselenggarakan oleh SM Entertainment. Yangyang pun terbang dari Jerman Ke Taipei. Saat audisi, Yangyang menunjukkan kemampuan rap dan menyanyikan beberapa lagu, salah satunya Lose Yourself milik Eminem. Yangyang pun lolos mengikuti audisi tersebut pada hari pertama, dimana ia bersaing dengan 15 ribu peserta dari seluruh dunia.